Kali ini Prima Utama Design akan membahas Salah satu Konsep Desain Rumah dari salah satu klien kami Bp. Philipus dengan konsep rumah minimalis etnik Jawa. Rumah dengan luas kurang lebih sekitar 630 m2 ini dimaksudkan untuk Rumah tinggal di bagian Depan serta di bgian Belakang digunakan untuk tempat kost ( 2 lantai). Jadi diperlukan akses sendiri untuk penghuni kost tanpa mengganggu privacy dari tuan rumah.

Desain Rumah Minimalis Etnik Bp. Philipus di Semarang

Fasad 3D (Tampak Depan) Rumah Minimalis Etnik Jawa Bp. Philipus di Semarang

Konsep Rumah Etnik Jawa sangat terlihat dari bentuk gentengnya yang mengadaptasi Rumah Joglo. Kesan Etnik Jawa Semakin kuat dengan adanya pintu utama berupa gebyok (pintu kayu dengan motif ukiran Jepara). Pemilihan motif lantai Teras dan tembok batu-bata ekpos serta ekpos untuk reng-usuk kayu semakin menambah nuansa tardisional Jawa.

Meskipun demikian konsep minimalis tetap terlihat dengan minimnya ornamen pada tampilan tampak depannya seperti topi-topi dan pilar yang lurus sehingga menambah kesan mewah dan gagah. Kusen jendela dan daun jendela kayu yang simple juga menguatkan kesan minimalis pada rumah etnik jawa ini.

Tampak Samping Kanan Rumah Etnik Jawa Bp. Philipus di Semarang

Tampak Samping Kanan Rumah Minimalis Etnik Bp. Philipus di Semarang

View dari tampak samping kanan terlihat akses masuk untuk penghuni kost yang sekaligus di fungsikan sebagai garasi terbuka. Dari tampilan ini terlihat kesan minimalis dan lapang untuk kemudahan akses penghuni kost dan pemilik rumah. Dari view samping kanan rumah juga terlihat tampilan untuk kost 2 lantai yang minim ornamen.

Tampak Atas Rumah Etnik Jawa Modern Bp. Philipus di Semarang

Tampak Atas Rumah Minimalis Etnik Bp. Philipus di Semarang

Dari view tampak atas terlihat adanya konsep desain genteng limasan yang merupakan ciri dari bangunan etnik jawa. Dengan luas tanah sekitar 600 m2 memang lebih mudah untuk membuat desain ruang terbuka untuk menambah kesan asri dan natural. Konsep taman (landscape) sengaja dibiarkan minimalis dengan hanya mempertahankan 1 pohon besar untuk menciptkan kesejukan sirkulasi udara di dalam rumah.

Denah Lantai 1 Rumah Etnik  Jawa Modern Bp. Philipus di Semarang

Denah Lantai 1 Rumah Minimalis Etnik Bp. Philipus di Semarang

Dari denah untuk lantai 1 terlihat bahwa managemen ruangnya sangat terbuka dan nyaman untuk penghuninya dengan banyak memberikan porsi untuk ruang terbuka sehingga menjamin sirkulasi udara dan pencahayaan di rumah ini.

denah-lantai-2-rumah-etnik-jawa-modern-bp-philipus-di-semarang

Denah Lantai 2

Denah lantai 2 hanya berisikan managemen ruang untuk area kost. Dengan luas tanah yang cukup luas maka desain rumah minimalis etnik ini sangat ideal untuk semua penataan ruangnya sehingga bisa dijamin sirkulasi udara akan menjangkau seluruh ruang dan pencahayaan yang penuh.

 

Leave a Reply

 
 
%d bloggers like this: